Pengertian Ekonomi

Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dekat dengan sistem produksi,distribusi,pertukaran,& komsumsi barang dan jasa.
Istilah "ekonomi" sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu kata (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan (nomos), atau "peraturan, aturan, hukum," yang secara garis besar dapat diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga." sedangkan yang dimaksud dengan ahli ekonomi (ekonom) adalah orang yang ahli menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja. 
ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang prilaku manusia dalam aktivitas memillih dan menciptakan kemakmuran.
inti permasalahan ekonomi ialah adanya ketidaksinambungan antara kebutuhan manusia yang tak ada batasnya dengan alat pemenuh kebutuhan yang jumlahnya amat terbatas. dengan demikian permasahaan tersebut menyababkan timbulnya kelangkaan.
orang pertama yang mengembangkan ilmu ekonomi adalah Adam Smith pada abad ke 18 sebagai satu cabang tesendiri dalam ilmu pengetahuan.( Adam Smith diakui sebagai bapak dari ilmu ekonomi)
Prinsip ekonomi merupakan panduan untuk melakukan tindakan ekonomi yang di dalmnya terkandung asas dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil yang maksimal atau dengan pengorbanan sekeci-kecilnya untuk memperoleh hasil yang semaksimal mungkin.
motif ekonomi adalah alasan apapun tujuan seseorang sehingga seseorang tersebut melakukan tindakan ekonomi.
ada dua aspek motif ekonomi yaitu:
Motif Intrinsik, merupakan suatu keinginan untuk melakukan tidakan ekonomi atas kemauan sendiri.
Motif ekstrinsik, merupakan suatu keinginan untuk melakukan tidakan ekonomi atas dorongan orang lain.

Sumber: http://id.shvoong.com/business-management/2215816-pengertian-ekonomi/#ixzz1a3TXFZCE