Tips aman belanja online

Semakin canggih Teknologi menuntut semua serba cepat dan praktis. Tidak Hanya berita yang mulai sekarang sudah dapat kita baca secara cepat update tiap menit. Gaya hidup anda yang suka belanja ikut terbawa dalam nuansa era globalisasi teknologi. Pernahkah anda berbelanja online?apakah menurut anda berbelanja online itu aman?
Simak tips aman berbelanja secara online berikut ini :

  1. Lakukan pengamatan atau riset mengenai alamat situs yang menyediakan toko online, anda bisa cek alamat,kontak person. contoh: cek kontak person toko online di google, apabila ada yang tertipu dengan nomor tersebut/ toko tersebut janganlan anda jadi orang selanjutnya
  2. Jangan membeli barang di toko online yang menjual bermacam-macam barang yang sedang hits, contoh: bila ingin membeli sepatu carilah toko yang menjual sepatu saja, jauhi toko yang menjual berbagai macam barang seperti menjual BB tapi juga menjual, modem, pakaian,sepatu,dll.
  3. Ada baikknya anda juga cek harga yang tertulis di website dengan yang ada di toko kota anda. Lihat perbandingan harganya, terpaut jauh atau tidak, contoh: bila ada yang menemukan toko yang menjual BB Torch dengan harga 2 atau 3 kali lipat lebih murah misalnya 1 jt jangan percaya.
  4. Dalam transaksi biasanya tiap toko online akan menawarkan berbagai cara, contoh via : kartu kredit,Paypal,Transfer langsung via bank,COD (cash on delivery)dll. jika anda belum berpengalaman lebih baik menggunakan transfer langsung. Sekarang ini cara yang kurang aman adalah dengan Kartu Kredit dan yang paling aman ialah COD.
  5. pilihlah jasa kurir yang terkenal seperti JNE
  6. Setelah  anda mentransfer uang segeralah anda meminta nomor resi pengiriman. contoh no resi jne  anda dapat melakukan tracking barang di www.jne.co.id. untuk membuktikan barang anda telah dikirim.
  7. Untuk belanja online area internasional, lebih baik gunakan PayPal. 
Sungguh hal yang menyenangkan bila anda berhasil membeli sesuatu secara online.